Sejarah Oriflame

Oriflame adalah sebuah perusahaan kosmetik terkemuka dari swedia yang berdiri pada tahun 1967,di kota Stockholm. Yang mendirikan adalah Robert dan Jonas af Jochnick serta seorang teman mereka bernama Bengt Hellsten yang masih sangat muda, tetapi mempunyai jiwa wirausaha yang besar.

Inspirasinya berasal dari kekayaan alam dan kecantikan alami gadis-gadis swedia, yang membuat mereka tertarik untuk menjadikan  tumbuh-tumbuhan alami asal daratan Skandinavia seperti birch bark, cloudberrysebagai bahan dasar, sehingga terciptalah formula yang aman bagi tubuh manusia dengan wewangian yang lembut untuk mengurangi alergi pada kulit. Produk  pertama Oriflame berupa krim perawatan kulit, bedak, mascara, shampo, shower gel, parfum dan lipstick  dan produk-produk tersebut telah disetujui oleh swedish society untuk nature conservation serta sudah sesuai dengan standard good environmental choice.

 Jonas & Robert af Jochnick serta Bengt Hellsten menjual produk-produknya dengan system direct selling, melalui katalog. Katalog awal adalah berupa brosur yang ditulis sendiri oleh Mr. Robert af Jochnick dan disebarkan sebanyak 1000 lembar

Pada tahun 1979 pabrik Oriflame didirikan di kota Dublin Irlandia, kemudian berkembang di Polandia, Denmark, Finlandia dan Norwegia dan melakukan Expansi besar-besaran ke benua Asia dan Amerika di tahun 1980-an. Pada tahun 1987 Oriflame masuk di Indonesia dibawah PT.Orindo Alam Ayu, Tahun 1996 perusahaan Oriflame menunjukkan perkembangan spektakuler dalam sejarah perusahaan, total penjualan naik hingga 500% menjadikan Oriflame satu-satunya perusahaan dengan omset mampu mengalahkan perusahaan Microsoft,yaitu perusahaan yang pada awalnya adalah perusahaan terbesar didunia. Sekarang perusahaan Oriflame telah beroperasi di 5 benua dan lebih dari 69 negara dari Russia hingga Morocco, dari Iran hingga India dan juga dari Peru sampai Vietnam. Expansi yang agresif di awal tahun 90-an membuat perusahaan berkembang delapan kali lipat hanya dalam kurun waktu 10 tahun, luar biasa bukan? Tahun 1997 Oriflame Eastern Europe S.A dan Oriflame International S.A bergabung menjadi satu.  Oriflame Cosmetics juga terdaftar di Bursa Nasdaq OMX Nordic Exchange pada bulan Maret 2004. Dan pada September 2006, Orilame berhasil menjadi perusahaan Eropa sistem penjualan langsung pertama yang diizinkan untuk memasuki pasar Cina.

Ditengah besarnya kesuksesan yang diraup, Oriflame tidak lupa untuk berbagi. Oriflame mendukung berbagai badan amal di seluruh dunia dan merupakan Co-founder World Childhood Foundation.